Rabu, 18 Juli 2018

Manfaat bengkoang untuk kesehatan

Bengkoang atau bengkuang merupakan tumbuhan yang termasuk umbi-umbian yang berasal dari Amerika Selatan. Bengkoang ini biasa dijaidkan campuran rujak, asinan dan sering juga dijaidkan bahan dasar dalam pembuatan kecantikan. Selain untuk kecantikan bengkuang juga sangat baik untuk kesehatan.
Di Amerika bengkoang ini dikenal dengan sebutan Jicama atau Xicama. Bengkoang ini sering dimakan mentah, meskipun rasanya agak-agak gimana gitu namun jika sudah dikonsumsi dengan sering kita akan merasakan manisnya buah bengkoang. Bisa juga dijaidkan jus atau ditambahkan dalam rujak.
Tak hanya dikonsumsi secara langsung saja, bengkoang juga bisa dijaidkan tumisan atau dimasak dalam sup, namun manfaatnya akan sedikit berkurang jika dimasak. Banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam bengkoang, diantaranya: mangan, protein, asam pantotenat, magnesium, potasium, vitamin E, Vitamin C, Vitamin B6, tembaga dan zat besi. Dari banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada bengkoang tak heran jika banyak juga manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut informasinya admin sajikan untuk sahabat.
Manfaat Bengkoang

Manfaat Bengkoang

  1. Menjaga sistem imun tubuh
Vitamin C yang terkandung di dalam bengkoang sangat baik untuk merangsang sel-sel darah putih untuk menjaga dari radikal bebas yang akan merusak tubuh hingga tumbuhnya sel kanker yang tidak diinginkan. Selain itu vitamin C juga dapat berperan sebagai pencegah jamur, virus dan bekteri.
  1. Melancarkan pencernaan
Di dalam bengkoang terdapat serat yang tinggi yang cocok sekali untuk melancarkan pencernaan hingga sembelitpun akan dapat terhindari. Tak hanya itu rasa manis yang tredapat di dalam bengkoang tidaklah berpengaruh pada gula, jadi bagi sahabat yang memiliki penyakit gula darah, bisa dengan puas bisa mengkonsumsi bengkoang.
  1. Menurunkan tekanan darah
Tak hanya vitamin C yang terdapat pada bengkoang, kalium juga ada loh sahabat, gunanya untuk mengelola tekanan darah supaya tetap stabil dan normal. Karena kalium sendiri mampu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Nah bagi sahabat yang memiliki riwayat hypertesi bisa rutin mengkonsumsi buah bengkoang ini.
  1. Menyehatkan tulang
Banyak sekali zat yang terkandung di dalam bengkoang untuk kesehatan tulang, ada magnesium, mangan, tembaga dan zat besi. Semua itu sangat bagus untuk mendorong kepadatan tulang supaya selalu sehat dan kuat. Tak hanya memadatkan tulang saja, bagi pertumbuhan serta penyembuhan tulang juga sangat baik hingga kita akan terhindar dari yang namanya osteoporosis.
  1. Menurunkan berat badan
Bagi orang yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan memakan makanan yang rendah kalori itu sangatlah penting. Apalagi jika yang rendah kalori itu mengandung nutrisi yang baik pula, maka dietnyapun akan berhasil dan sehat. Salah satunya bengkoang dapat dijadikan camilan bagi anda yang ingin diet.
Itu dia manfaat bengkoang untuk kesehatan yang bisa disajikan untuk sahabat, jangan sampai berlebihan ya dalam mengkonsumsinya, karena jika berlebihan akan menyebabkan gangguan pencernaan. Semoga artikelnya bermanfaat ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hotel Terbaik di Lampung Swiss-Belhotel Lampung

Swiss-Belhotel Lampung adalah hotel bintang 4 bertaraf internasional di Lampung dengan pemandangan laut, bukit serta landscape kota La...