Rabu, 18 Juli 2018

MANFAAT MAKAN LEBIH BANYAK BUAH DAN SAYURAN


Manfaat Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Selain mengurangi risiko kanker dan serangan jantung, mengkonsumsi hingga 8 porsi buah dan sayuran sehari secara substansial dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan seseorang dalam hidupnya, konsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari tak hanya sekadar menyehatkan tubuh secara fisik, tapi juga mental. Hal ini diungkapkan oleh studi yang baru-baru dirilis dalam American Journal of Public Health.
“Makan buah dan sayuran tampaknya meningkatkan kebahagiaan kita jauh lebih cepat daripada meningkatkan kesehatan manusia, tingkat kegembiraan ini juga meningkat untuk setiap porsi ekstra, kata Andrew Oswald, profesor di University of Warwick di London.

Biasanya motivasi orang-orang untuk makan makanan sehat dilemahkan oleh fakta bahwa ini adalah prediksi dari perubahan dalam kebahagiaan dan kepuasan di kemudian hari. Namun, perbaikan kesejahteraan dari peningkatan konsumsi buah dan sayuran lebih dekat dengan segera.
“Kebiasaan mengonsumsi buah dan sayuran ini secara sugesti membuat seseorang termotivasi hidup sehat dan lebih rajin berolahraga. Selain itu, secara fisik mereka juga mendapatkan manfaat lainnya seperti terlindungi dari beberapa jenis penyakit. ” tambah Oswald.
Penelitian ini, diikuti lebih dari 12.385 orang  warga Australia yang dipilih secara acak. Mereka diminta untuk mencatat pola makannya, serta diperiksa secara psikologis rutin.
Hasil penelitian menunjukkan besar manfaat psikologis yang positif ditemukan dari dalam tingkat diet sehari-hari yang terdiri dari lebih banyak buah dan sayuran, kata para peneliti.
Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh para profesional kesehatan untuk membujuk orang untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, terutama di negara maju di mana warga biasa makan diet yang tidak sehat.
 “Kami berharap hasil studi ini efektif dalam meyakinkan orang-orang untuk memiliki pola makan yang sehat, termasuk mengonsumsi buah dan sayuran,” ujar peneliti lainnya dari Queensland, Dr Redzo Mujcic.
Untuk memperlancar pencernaan Kombinasikan Jus Buah dan Sayur diperlukan tubuh. Jus yang tidak mengandung banyak gula sangat dianjurkan dikonsumsi setiap hari. Banyak orang menganggap jus adalah minuman yang baik. Akan tetapi pastikan jus tidak dicampurkan dengan gula dan tidak menyaring kulit air agar tak kehilangan serat. Sebaiknya siapkan jus sendiri di rumah. Hindari konsumsi jus kemasan karena mengandung pengawet dan tinggi gula. Berikut ini daftar beberapa jus yang kaya akan manfaat.
1. Wortel, jahe dan apel
Tak hanya hasilkan rasa yang enak. Kombinasi antara wortel dan apel menyebabkan rasa yang manis. Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Sedangkan apel tinggi akan serat dan antioksidan. Agar semakin sehat, beri sedikit perasan jahe.
Jahe memiliki sifat yang unik karena dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, mengurangi peradangan, menghangatkan tubuh untuk mempercepat metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai anti virus.
2. Tomat, wortel dan apel
Antioksidan tinggi dapat melawan radikal bebas. Racikan tomat, wortel dan apel juga mengandung banyak vitamin serta mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.
3. Apel, mentimun dan seledri
Kombinasi ketiga jenis sayur dan buah ini dapat redakan sakit kepala dan redakan sakit perut. Selain itu, juga dapat mengurangi kolesterol jahat dan mencegah kanker.
4. Nanas, apel dan semangka
Nanas dan apel sama-sama mengandung vitamin C. Kombinasi jus ini dapat hasilkan rasa yang segar manis. Vitamin A,C,E dan K banyak terkandung dalam nanas. Selain itu ada juga beberapa kandungan mineral seperti kalium, kalsium, elektrolit dan phyto-nutrients sepetri karoten.
Nanas adalah sumber yang kaya akan antioksidan yang dapat melindungi Anda dari penyakit seperti aterosklerosis, penyakit jantung, arthritis dan berbagai jenis kanker. Vitamin A dan C juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Sedangkan semangka tinggi akan kandungan air dan apel kaya akan serat.
5. Pisang, nanas dan susu
Untuk cegah sembelit, Anda dapat meracik pisang nanas jadi satu. Kalau ingin menambah kandungan kalsium dan protein dalam jus, Anda dapat tambahkan susu. Minuman ini bisa Anda konsumsi dengan camilan atau bahkan saat sarapan.
6. Wortel, apel, pir dan mangga
Kalau bosan konsumsi jus satu jenis buah, Anda bisa meraciknya dengan 4 jenis buah dan sayur ini. Wortel, apel, pir dan mangga yang diracik jadi satu dapat membantu tingkatkan asupan vitamin dan serat. Sehingga dapat bantu tingkatkan sistim imunitas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hotel Terbaik di Lampung Swiss-Belhotel Lampung

Swiss-Belhotel Lampung adalah hotel bintang 4 bertaraf internasional di Lampung dengan pemandangan laut, bukit serta landscape kota La...